Rumah Sakit Khusus Puri Nirmala Tips Kesehatan Camilan Berserat Tinggi yang Bagus untuk Kesehatan

Camilan Berserat Tinggi yang Bagus untuk Kesehatan


Makanan berserat sangat bagus bagi kesehatan kita karena mempunyai banyak sekali manfaat untuk tubuh kita, diantaranya adalah:

  • Melancarkan pencernaan
  • Mengurangi kadar kolesterol dalam tubuh
  • Membantu diet karena membuat kita kenyang lebih lama

Karena itu, ada baiknya kita memilih makanan berserat sebagai camilan sehat di rumah. Dari pada ngemil camilan yang beresiko merugikan kesehatan, maka camilan berserat ini sangat bagus sebagai persediaan di rumah, entah untuk dikonsumsi sendiri ataupun sebagai suguhan ketika ada tamu.

Berikut 5 camilan berserat tinggi yang baik untuk kesehatan

Buah Apel

manfaat apel bagi kesehatan

An apple a day keeps a doctor away. Pepatah satu ini benar banget karena selain berserat tinggi, apel juga memiliki banyak manfaat untuk kesehatan kita. Diantaranya buah apel meningkatkan kekebalan tubuh, mencegah kerusakan sel, dan juga menurunkan kolesterol.

Buah Pisang

manfaat buah pisang

Buah yang satu ini lebih terkenal sebagai sumber potasium untuk tubuh. Tapi, pisang sebenarnya juga berserat tinggi, yaitu sebanyak 2.6 gram per ons. Pisang juga mengandung vitamin B6 dan C yang bermanfaat menjaga kesehatan kita. Buah pisang juga membantu kinerja otot sehingga bisa mencegah kram ketika kita berolah raga.

Ubi Manis

manfaat ubi

Dari pada mengonsumsi ubi dalam bentuk kripik, ada baiknya Anda memilih cara pengolahan yang lebih rendah kalori, yakni memanggang tanpa minyak. Saat melakukannya, Anda tak perlu mengupas kulitnya karena nutrisi serta serat ubi-ubian juga ada pada bagian tersebut.

Hanya dengan sebuah ubi manis, Anda tak hanya akan kenyang lebih lama, namun juga memperoleh serat sebanyak 6 gr, dan tak perlu khawatir soal kalorinya yang hanya berjumlah 160 kalori saja. Ini menjadi sumber makanan yang mengandung serta tinggi yang murah meriah.

Anda juga bisa mengkonsumsi ubi manis dengan direbus / dikukus.

Buah Kurma

manfaat buah kurma

Kurma memiliki kandungan gula dan serat tinggi yang baik bagi tubuh kita.  Selain itu, Kurma juga mengandung mineral yang tentunya baik untuk dikonsumsi .Kurma juga mengandung antioksidan yang bagus untuk kesehatan. Tetapi ingat jangan mengkonsumsi kurma berlebihan, karena kadar gula di dalam buah kurma yang cukup tinggi. Atau untuk mengurangi kadar gula yang terdapat di dalam kurma, anda bisa mengkonsumsi kurma dalam bentuk buah kering.

Edamame

manfaat edamame

Semangkuk kecil edamame rebus mengandung 17 gram protein, 8 gram serat dan 189 kalori. Ini merupakan camilan sempurna untuk Anda. Sajikan hangat atau dingin, dapat Anda masukkan ke dalam salad, sayur, atau olahan lainnya.

Hubungi rumah sakit terdekat bila anda memerlukan bantuan medis. Atau silakan hubungi kami bila anda memerlukan bantuan. Anda juga bisa menyesuikan dengan jadwal dokter anda.

RUMAH SAKIT KHUSUS PURI NIRMALA

JL. Jayaningprangan No. 13 Gunungketur, Pakualaman, Yogyakarta

Telp. (0274) 515255 & 587400

Stay Safe, Stay Healthy.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Related Post