Rumah Sakit Khusus Puri Nirmala Tips Kesehatan Tips Bersepeda Aman Selama Pandemi Covid-19

Tips Bersepeda Aman Selama Pandemi Covid-19


bersepeda masker

Akhir-akhir ini, seiring dengan pandemi COVID-19 yang tak kunjung usia, justru membuat olah raga bersepeda semakin popular. Hal ini sebetulnya bagus mengingat banyak sekali manfaat dari olah raga bersepeda ini.

Tetapi karena situasi pandemi yang belum usai, maka kita harus berhati-hati dan menjaga diri agar tidak terkena virus covid-19 selama kita bersepeda.

Berikut beberapa tips agar kita bisa bersepeda dengan aman dari virus covid-19.

Gunakan masker selama bersepeda

Tetap gunakan masker saat kita bersepeda. Kalau dirasa nafas kita menjadi berat dan cepat letih karenanya, usahakan untuk memilih rute atau jarak yang tidak terlalu berat.

Bersepeda dengan intensitas rendah

Karena kita menggunakan masker, ketika kita bersepeda dengan intensitas berat akan membuat kita kesulitan bernafas, dan membuat cepat lelah. Sebaiknya bersepeda dengan intensitas rendah. Misalnya rutenya yang lebih santai, jarak yang tidak terlalu jauh, dan ritme kayuhan yang tidak terlalu cepat.

Gunakan pakaian sesuai standar keamaan bersepeda

Jangan lupa untuk memakai perlengkapan standar keamaan sepeda, diantaranya adalah sepatu, helm, dan sarung tangan.

Gunakan pakaian tertutup

Untuk menghindari terpapar virus covid-19, dan juga untuk keamaan selama bersepeda, gunakan pakaian yang tertutup.

Bersepeda sendirian atau dalam rombongan kecil

Untuk menghindari kerumunan dan kontak dengan orang lain, lebih baik bersepeda sendirian atau dengan rombongan kecil, misal teman dekat atau keluarga.

Pilih rute jalan yang sepi

Untuk meminimalisir terjadinya kontak dengan orang lain, pilihlah jalan yang lebih sepi. Hal ini tentunya untuk mengurangi resiko terpapar virus covid-19

Bawa Hand-sanitizer

Untuk berjaga-jaga, selalu bawa hand sanitizer kemanapun kita pergi keluar rumah. Termasuk ketika bersepeda. Ketika dirasa kita telah menyentuh sesuati yang beresiko menularkan virus covid-19, segera gunakan hand sanitizer untuk membersihkan tangan kita.

Jaga jarak selama bersepeda

Jaga jarak kita dengan orang lain saat bersepeda. Tidak hanya dengan orang yang serombongan atau sejajar dengan arah perjalanan kita, tetapi juga dengan orang yang berpapasan dengan kita

Segera membersihkan diri setelah sampai di rumah

Sesampainya dirumah, lakukan protocol kesehatan covid-19. Cuci tangan, mandi, dan ganti baju. Hindarkan baju bekas pakai kita dari benda-benda yang ada di rumah, dan akan lebih baik kalau langsung di cuci / direndam detergent.

Bersihkan semua alat olah raga yang kita pakai

Bersihkan sepeda, handphone dan tas yang kita bawa dengan cairan disinfektan.

Hubungi rumah sakit terdekat bila anda memerlukan bantuan medis. Atau silakan hubungi kami bila anda memerlukan bantuan. Anda juga bisa menyesuikan dengan jadwal dokter anda.

RUMAH SAKIT KHUSUS PURI NIRMALA

JL. Jayaningprangan No. 13 Gunungketur, Pakualaman, Yogyakarta

Telp. (0274) 515255 & 587400

Stay Safe, Stay Healthy.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Related Post