Foto bersama Petugas
Rumah Sakit Khusus Puri Nirmala Kegiatan Pelatihan BHD (Bantuan Hidup Dasar) untuk Karyawan Rumah Sakit

Pelatihan BHD (Bantuan Hidup Dasar) untuk Karyawan Rumah Sakit

Foto bersama Petugas

Salah satu hal terpenting dalam meningkatkan mutu Rumah Sakit adalah kemampuan seluruh pegawai Rumah Sakit dalam menangani kondisi darurat. Salah satunya adalah jika pasien ataupun pengunjung ditemukan dalam kondisi tidak sadarkan diri. Di dalam dunia kedokteran, hal seperti ini turut dikenal dengan istilah code blue. Manajemen awal yang diperlukan dalam kondisi seperti ini adalah pemberian Bantuan Hidup Dasar (BHD) dari orang yang mengetahui di titik awal.

Pemberian Bantuan Hidup Dasar (BHD) ini harus bisa diterapkan bagi karyawan manapun di Rumah Sakit. Oleh karena itu, pada tanggal 12 Februari 2020, Rumah Sakit Khusus Puri Nirmala mengadakan pelatihan tentang “Tata Cara Pemberian Bantuan Hidup Dasar” kepada seluruh karyawan Rumah Sakit. Pelatihan itu diampu oleh dr. Robertha Lutfi Andreani selaku dokter umum yang bertugas di Rumah Sakit ini. Pelatihan ini diharapkan dapat menambah kemampuan para karyawan dalam menangani kasus darurat seperti ini, dan juga untuk meningkatkan mutu dalam persiapan menghadapi akreditasi Rumah Sakit ke depan.

Dokter yang juga akrab dipanggil dengan dokter Bertha ini memberikan penjelasan teori tentang Pemberian Bantuan Hidup Dasar (BHD), dimulai dari tindakan awal yang harusnya dilakukan pada kasus orang tidak sadarkan diri hingga ke pemberian Resusitasi Jantung Paru atau yang dikenal dengan RJP atau CPR. Setelah pemaparan teori, para peserta pun kembali melanjutkan dengan simulasi bersama perangkat CPR yang sudah disiapkan. Peserta pun terlihat sangat antusias selama pelatihan satu hari tersebut. 

Direktur Rumah Sakit sendiri, dr. Fiddina Mediola, Sp.KJ, turut antusias sekali dengan acara pelatihan BHD ini. 

“Pelatihan ini penting sekali untuk semua karyawan, bagi yang sudah dapat sebelumnya, ini bisa mennyhjadi alat untuk refreshing kembali materi RJP yang telah ada. Bagi yang belum, ini bisa jadi sebuah pengetahuan baru. Mengingat pentingnya kegiatan ini untuk peningkatan mutu karyawan Rumah Sakit kelak.”, ungkap psikiater yang biasa dipanggil dengan dokter Diola ini.

Setelah sesi pelatihan selesai, para peserta pun turut mengikuti sesi foto bersama.

Semoga peserta bisa membawa pulang semua ilmu yang didapatkan tadi.

Galeri kegiatan ini bisa di lihat di bantuan hidup dasar.

Penulis : admin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Related Post