tips kesehatan jiwa
Rumah Sakit Khusus Puri Nirmala Tips Kesehatan Tips Menjaga Kesehatan Jiwa Saat Wabah Covid-19

Tips Menjaga Kesehatan Jiwa Saat Wabah Covid-19

tips kesehatan jiwa

Wabah covid-19 telah membuat perubahan di hampir seluruh dunia. Seperti kebijakan bekerja dari rumah (work from home), penutupan tempat-tempat ibadah dan pusat keramaian, juga larangan untuk keluar rumah kecuali untuk urusan mendesak. Hal ini tentu juga berpengaruh ke sisi kejiwaan kita. Nah bagaimanakah menjaga kesehatan jiwa saat wabah covid-19 ini? Berikut tips dari kami.

Rasa tidak nyaman itu normal

Covid-19 telah membuat banyak perubahan yang tidak dikehendaki. Respon tidak nyaman seperti cemas, sedih, dan stress pun merupakan respon yang NORMAL dalam menghapadi situasi saat seperti ini.

Produktif di rumah

Jika diharuskan tinggal di rumah, lakukan kegiatan produktif dan berimbang, seperti olah raga, membaca buku, atau menonton film/serial kesukaan.

Konsumsi makanan sehat dan seimbang

Selama masa wabah ini, usahakan untuk selalu makan makanan yang sehat dan bergizi. hindari mengkonsumsi alcohol, rokok dan obat-obatan terlarang

Saring informasi yang masuk secara rutin

Informasi tentang covid-19 banyak sekali bertebaran. Hal ini juga menimbulkan kecemasan bagi yang membaca. Saring informasi-informasi tersebut, dan bila perlu sementara waktu jaga jarak dari sumber-sumber tersebut.

Hubungi orang terdekat

Selama masa wabah covid-19 ini, semua orang diharuskan menjaga jarak. Tetapi dengan adanya alat komunikasi, anda bisa menghubungi keluarga dan orang terdekat anda. Hal ini bisa membuat anda merasa lebih nyaman.

Istirahat yang cukup dan teratur

Ketika anda merasa lelah, istirahat yang cukup. Hal ini bisa mengurangi rasa tidak nyaman yang mungkin anda rasakan. Usahakan juga untuk tidur pada jam yang seragam. Misal jam 9 malam sampai dengan jam 5 pagi, setiap hari.

Minta bantuan professional

Jika ada telah melakukan tips menjaga kesehatan jiwa di atas tetapi masih dirasakan ada keluhan pada pikiran dan perilaku, segera minta bantuan pada professional.

Psikiater di Rumah Sakit Khusus Puri Nimala siap membantu dan memberikan bantuan psikososial.

Silakan hubungi kami bila anda memerlukan bantuan. Anda juga bisa menyesuikan dengan jadwal dokter anda.

Stay Safe, Stay Healthy, Stay Happy.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Related Post