Rumah Sakit Khusus Puri Nirmala Tips Kesehatan Olah raga yang bagus untuk paru-paru

Olah raga yang bagus untuk paru-paru


jalan kaki olah raga yang bagus untuk paru-paru

Paru-paru adalah organ tubuh yang sangat vital, karena dengan paru-parulah kita bernapas. Karena itu kita harus menjaga kesehatan paru-paru kita. Ada beberapa cara menjaga kesehatan paru-paru. Diantaranya adalah dengan rajin berolah raga. Namun olah raga apa sajakah yang bagus untuk paru-paru? Berikut adalah diantaranya.

Renang

Ketika berenang, seseorang melakukan latihan pernapasan, seperti mengambil, menahan, dan mengeluarkan napas. Ini bisa meningkatkan efektivitas dari paru-paru, sehingga bisa bekerja lebih optimal dan sehat.

Yoga

Yoga adalah bentuk latihan yang sangat bagus bagi mereka yang menderita asma dan merupakan latihan yang aman bagi orang yang mengalami kesulitan bernapas. Hal ini karena latihan yoga menggabungkan banyak peregangan lembut yang dapat membuka paru-paru dan membantu memperluas kapasitas serta fungsi paru-paru.

Yoga dapat membantu meningkatkan pernapasan dan kesadaran tubuh, memperlambat laju pernapasan, dan meningkatkan ketenangan dan juga mampu menghilangkan stres. Melakukan latihan yoga secara rutin dapat memiliki efek kumulatif kesehatan dan ketenangan jiwa.

Olah raga pernapasan

Olah raga pernapasan bisa dengan mengikuti senam pernapasan atau jenis olah raga pernapasan lain. Atau juga latihan pernapasan sendiri dengan cara sering-sering menarik napas dalam-dalam.

Menurut penelitian yang ditayangkan di Science Daily, latihan pernapasan dalam secara teratur dapat membantu memperkuat otot diafragma dan kantong udara di dalam paru-paru. Dengan demikian, cara ini dapat membantu paru-paru mengeluarkan racun dan mengirimkan oksigen ke darah dengan kecepatan yang lebih tinggi.

Jalan Kaki

Untuk menjaga paru-paru tetap sehat, cobalah rutin melakukan olahraga ini selama 30 menit setiap harinya. Rutin berjalan kaki bisa meningkatkan kapasitas pernapasan dan kualitas hidup. Di samping itu, aktivitas fisik ini juga bisa membantu memberikan energi untuk tubuh dan memperkuat paru-paru. Terlebih jika kita bisa melakukan jalan kaki di lingkungan yang sehat dan asri, dengan udara yang segar, hal ini akan semakin bagus untuk paru-paru kita.

Dari ke empat olah raga yang bagus untuk paru-paru di atas, semua bisa dilakukan sendiri, dengan intensitas yang bisa kita atur sesuai kemampuan kita.

Hubungi rumah sakit terdekat bila anda memerlukan bantuan medis. Atau silakan hubungi kami bila anda memerlukan bantuan. Anda juga bisa menyesuikan dengan jadwal dokter anda.

RUMAH SAKIT KHUSUS PURI NIRMALA

JL. Jayaningprangan No. 13 Gunungketur, Pakualaman, Yogyakarta

Telp. (0274) 515255 & 587400

Stay Safe, Stay Healthy.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Related Post