menjaga kesehatan mental
Rumah Sakit Khusus Puri Nirmala Tips Kesehatan Langkah Sederhana Untuk Menjaga Kesehatan Mental

Langkah Sederhana Untuk Menjaga Kesehatan Mental

menjaga kesehatan mental

menjaga kesehatan mental

Dengan banyaknya tuntutan dan permasalahan dalam kehidupan, tidak jarang kita mudah merasa stress dan mengakibatkan kesehatan mental kita terganggu. Masalah Ekonomi, pekerjaan, keluarga, hingga hal-hal kecil seperti jalan macet ataupun gangguan koneksi internet  pun dapat menambah stress dan mengganggu stabilitas mental kita.

Kesehatan mental sangat penting bagi kehidupan kita. Akan percuma kita mempunyai fisik yang sehat tetapi mental kita sakit. Dan seringkali munculnya penyakit fisik juga disebabkan oleh kondisi mental yang kurang sehat.

Ternyata ada banyak langkah sederhana untuk menjaga kesehatan. Dengan langkah-langkah sederhana ini kita bisa merasakan seperti suasana hati yang membaik, membangun ketahanan mental terhadap stress, dan membantu menikmati hidup secara keseluruhan.

Apa sajakah langkah sederhana tersebut? Berikut diantaranya.

Berfikir dan Berkata Positif

Penelitian menunjukkan bahwa cara kamu berpikir tentang diri sendiri dapat memiliki efek yang kuat pada kejiwaan kita. Ketika kita memandang diri kita dan hidup kita secara negatif, maka kita juga merasakan efek negatifnya. Sebaliknya, jika membiasakan diri menggunakan kata-kata yang lebih positif, maka hal ini membuat kita lebih positif.

Tuliskan Hal-Hal yang Perlu Disyukuri

Rasa bersyukur sangat penting untuk peningkatan kesejahteraan, kualitas kesehatan mental, serta kebahagiaan. Cara sederhana untuk meningkatkan rasa bersyukur adalah dengan  menuliskan berbagai hal yang perlu kita syukuri setiap harinya.  Temukan dan tuliskan sesuatu untuk disyukuri hari ini, dan hayati dalam hati kita, maka kita akan merasakan sensai tenang dan tentram dalam hati kita.

Fokus pada Apa yang Ada di Depan Kita

Fokus kepada tujuan mampu melepaskan emosi negative atau perasaan tentang masa lalu yang membebani. Mulailah dengan membawa kesadaran bahkan untuk hal-hal sederhana seperti mandi, makan siang, atau berjalan pulang. Memberi perhatian pada sensasi fisik, suara, bau, atau rasa dari pengalaman ini membantu kita untuk fokus. Ketika pikiran kita terbang melayang dan membuat berfikir berlebihan, segera focus dengan apa yang sedang kita hadapi saat ini.

Menekuni Hobi

Salah satu cara untuk menjaga kesehatan mental dapat dilakukan dengan hobi. Ketika kita sedang berpikir negatif yang bisa membuat kita mengalami depresi atau semacamnya, hobi bisa mengalihkan fokus pikiran kita. Tekuni hobi yang kita senangi, terutama yang bisa member manfaat positif. Misalnya berkebun, memasak, bersepeda, dan lain-lain.

Menulis Jurnal Sederhana

Saat stress, kita sulit untuk fokus. Kadang banyak ide berseliweran di kepala, tapi sulit sekali untuk diraih atau dijabarkan. Coba pindahkan ide-ide atau pikiran itu ke dalam tulisan. Bisa dalam bentuk daftar tugas atau to do list, bisa juga dalam bentuk jurnal. Kegiatan menulis ini bisa menjadi sangat bagus untuk mengalihkan pikiran kita dari berfikir berlebihan.

Lakukan Meditasi

 Luangkan waktu untuk diri sendiri dengan cara meditasi. 30 menit dalam sehari adalah waktu ideal, terutama sebelum tidur. Tenangkan pikiran anda, focus, dan atur nafas dengan baik. Meditasi bisa dilakukan dengan duduk atau juga berbaring.

Rutin Berolahraga

Ketika kita berolahraga tubuh akan melepaskan endorfin yang membantu menyingkirkan stres dan meningkatkan suasana hati kita. Itulah sebabnya olahraga adalah cara penangkal stres, kecemasan, dan depresi yang ampuh. Lakukan cara-cara kecil untuk menambah aktivitas olahraga, seperti naik tangga, atau jalan kaki ke tempat yang dekat. Untuk mendapatkan manfaat maksimal, lakukan olahraga setidaknya 30 menit setiap hari, dan lebih baik kalau dikerjakan  di luar ruangan. Terkena sinar matahari juga membantu tubuh menghasilkan vitamin D, yang meningkatkan tingkat serotonin di otak.

Makan Makanan yang Enak

Selain memberikan nutrisi yang dibutuhkan, makan lezat dan sehat juga menyehatkan otak. Karbohidrat (dalam jumlah sedang) meningkatkan serotonin, bahan kimia yang terbukti memiliki efek menenangkan pada suasana hati. Sementara itu makanan kaya protein membantu kamu tetap waspada.

Sayuran dan buah-buahan dipenuhi dengan nutrisi yang memberi makan setiap sel tubuh, termasuk yang mempengaruhi bahan kimia otak yang mengatur suasana hati. Sertakan makanan dengan asam lemak tak jenuh ganda Omega-3 (ditemukan dalam ikan, kacang-kacangan, dan biji rami). Nutrisi ini dapat meningkatkan suasana hati dan mengembalikan integritas struktural pada sel-sel otak yang diperlukan untuk fungsi kognitif.

Temukan Teman Curhat

Mengetahui bahwa kita dihargai oleh orang lain adalah penting untuk membantu kita berpikir lebih positif. Belajar terbuka kepada orang lain,. Hal ini bisa membuat kita lebih mampu berpikir positif dan semakin mengenal diri sendiri.

Membantu Orang Lain

Penelitian menunjukkan bahwa membantu orang lain memiliki efek positif pada perasaan kita tentang diri sendiri. Bersikap membantu dan ramah adalah cara yang baik untuk membangun harga diri.

Istirahat Sebentar

Pada saat-saat semua pekerjaan terasa seperti terlalu banyak, menjauhlah, dan lakukan apa pun yang bisa membuat kita merasa lebih baik. Salah satu hal yang bisa dilakukan adalah latihan pernapasan sederhana: Tutup mata dan ambil 10 tarikan napas dalam-dalam. Untuk masing-masing tarikan napas, hitung sampai empat saat menarik napas, tahan selama empat hitungan, dan buang napas untuk empat hitungan. Hal ini bekerja baik untuk membantu kita melawan stres

Tidur yang Cukup

Sejumlah besar penelitian menunjukkan bahwa kurang tidur memiliki efek negatif yang signifikan pada suasana hati. Coba tidur pada waktu yang teratur setiap hari. Hindari bermain gadget sebelum waktu tidur dan membatasi minuman berkafein untuk pagi hari.

Lakukan Traveling Tipis-Tipis

Dengan melakukan traveling, entah itu jauh atau dekat, akan membuat kita menemukan suasana baru. Hal ini akan membuat kita merasa lebih segar dan menghilangkan stress. Sesuaikan tujuan travelling kita dengan budget ataupun waktu yang tersedia. Tidak harus ke tempat-tempat yang terkenal, bisa juga kita melakukan travelling sederhana ke tempat wisata yang dekat dengan tempat tinggal kita.

Evaluasi dan Kenali Diri Sendiri

 Agar kualitas hidup dan kesehatan mental kita terus membaik, kita perlu melakukan evaluasi diri untuk mengetahui kesalahan-kesalahan yang harus diperbaiki. Demikian juga dengan hal-hal positif yang perlu ditingkatkan untuk membuat kita merasa lebih baik dan jauh dari stress.

Langkah sederhana untuk menjaga kesehatan mental seperti yang disebutkan diatas tidaklah sulit dilakukan. Kita hanya perlu untuk menerapkannya secara bertahap dan konsisten untuk mendapatkan manfaat jangka panjang.

Jika Anda merasa kesehatan mental sedang menurun dan tidak tahu bagaimana cara tepat untuk memperbaikinya, jangan ragu untuk menghubungi kami. Anda juga bisa menyesuikan dengan jadwal dokter anda.

RUMAH SAKIT KHUSUS PURI NIRMALA

JL. Jayaningprangan No. 13 Gunungketur, Pakualaman, Yogyakarta

Telp. (0274) 515255 & 587400

Stay Happy, Stay Healthy.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Related Post