manfaat musik

Manfaat Musik untuk Kesehatan Jiwa

manfaat musik

credit : inc. magazines

Salam Jiwa Nirmala!

Hari ini, tepat di tanggal 9 Maret, kita memperingati Hari Musik Nasional. Sebuah hari yang ditujukan untuk mengapresiasi peran musik di dalam kehidupan kita, dan tentu saja, hari ini turut memberikan peran musisi untuk bisa berkarya dan berprestasi di kancah musik tanah air dan internasional. Penetapan tanggal tersebut sebagai Hari Musik Nasional bukanlah tanpa alasan saja.

Melainkan, tanggal 9 Maret sendiri merupakan tanggal lahir dari mendiang Wage Rudolf Supratman, seorang pahlawan nasional yang merupakan pencipta dari lagu kebangsaan kita yaitu “Indonesia Raya”. Meskipun, masih ada perdebatan juga terkait tanggal lahir yang benar, karena ada sumber yang menyatakan bahwa tanggal lahir W.R. Supratman sendiri adalah tanggal 19 Maret 1903, bukan 9 Maret 1903.

Musik sendiri memang punya andil dalam kehidupan kita, terutama sebagai salah satu cara untuk mengisi waktu luang, entah di saat kita sedang belajar, berolahraga, atau mengerjakan tugas di kantor. Bahkan, saya sendiri saat menulis artikel ini justru ditemani oleh musik favorit dengan bantuan headset. Tapi, tenang saja, headset ini tidak akan dipakai dalam waktu yang lama dan volume yang keras. Mau tahu alasannya kenapa?

Bisa baca artikel tentang kiat Menjaga Kesehatan Telinga di website ini.

Nah, dari situ, kita pun pasti setuju bahwa musik ini benar-benar mampu menemani kita dalam berbagai hal. Dan, ternyata, banyak juga manfaat musik yang berpengaruh kepada kesehatan jiwa kita.

Beberapa manfaat musik diantaranya adalah sebagai berikut.

Manfaat Musik untuk Meningkatkan Performa dalam Bekerja.

Musik yang bersifat relaksasi seperti musik klasik atau musik instrumen terbukti dari penelitian dapat meningkatkan performa atau fokus dalam bekerja. Selain itu, sebuah penelitian dari Universitas Helsinki menyebutkan bahwa musik dapat membantu meningkatkan memori terkait pekerjaan pada usia dewasa muda.

Manfaat Musik untuk menghilangkan stress serta memperbaiki mood.

manfaat musik untuk menghilangkan stress dan memperbaiki moord
Sumber gambar : divorceforce.com

Sebuah studi dari McGill University membuktikan bahwa mendengarkan sebuah musik yang kita gemari dapat meningkatkan produksi hormon dopamin sebanyak 9%. Hormon Dopamin sendiri adalah hormon yang berperan sebagai hormon motivasi dan hormon kebahagiaan.

Manfaat Musik untuk Meningkatkan Kualitas Tidur

manfaat musik untuk meningkatkan kualitas tidur
Sumber gambar : UPMCHealthBeat

Insomnia atau susah tidur masih menjadi masalah kesehatan besar pada segala kelompok usia yang masih belum ditemukan solusinya. Ternyata, sebuah penelitian keperawatan dari Semmelweis University di Hungaria menemukan bahwa mendengarkan musik klasik dapat meningkatkan kualitas tidur pada orang yang mengalami gejala insomnia.

Manfaat Musik untuk Meningkatkan Motivasi Berolahraga

manfaat musik untuk meningkatkan motivasi dan semangat berolah raga

Jika Sobat Jiwa Nirmala melihat tempat olahraga, pasti sering ditemukan adanya musik-musik yang memiliki tempo cepat dan upbeat. Nah, ternyata, ditemukan dari sebuah studi yang melibatkan pesepeda di Liverpool John Moore University bahwa musik dengan tempo cepat dapat meningkatkan motivasi serta performa dari para atlet sepeda tersebut. Disarankan untuk tempo musik yang baik itu di sekitar 120 – 145 bpm.

Manfaat Musik untuk Mengurangi Gejala Depresi dan Kecemasan

manfaat musik untuk mengurangi gejala depresi dan kecemasan
Sumber gambar : awakeningstreatment.com

Pernyataan ini didukung oleh sebuah penelitian dari Pavia University di Italia yang menyatakan bahwa terapi musik merupakan sebuah terapi yang mudah dan murah dan terbukti dapat menurunkan gejala depresi dan kecemasan pada pasien yang mengalami gangguan sistem saraf, seperti Alzheimer ataupun stroke. Musik yang sebaiknya didengarkan adalah musik yang bersifat klasik ataupun instrumental, bukan musik tempo cepat seperti heavy metal atau techno.

Sejatinya, memang betul bahwa musik dalam tempo apapun dapat berperan serta dalam mempengaruhi kondisi kesehatan jiwa kita. Namun, bukan berarti musik juga langsung berperan. Jika Sobat Jiwa Nirmala mengalami keluhan tersebut di atas, akan sangat disarankan untuk memeriksakan kondisi kesehatannya ke professional kesehatan jiwa yang ada.

Rumah Sakit Khusus Puri Nirmala merupakan Rumah Sakit yang membuka pelayanan khusus di bidang kejiwaan. Rumah Sakit ini terletak di pusat Kota Yogyakarta sehingga akses ke Rumah Sakit ini dapat dengan mudah dicapai. Dilengkapi dengan dokter dan psikolog yang sudah kompeten di bidangnya, Rumah Sakit ini bertujuan untuk meningkatkan pelayanan kesehatan jiwa melalui pelayanan yang profesional dan holistik (menyeluruh).

Jika Sobat Jiwa Nirmala berminat, silahkan lakukan pendaftaran online via WhatsApp ke nomor 0815-2461-7175.

Ditulis oleh : dr. Farhandika Mursyid
Dokter Umum Rumah Sakit Khusus Puri Nirmala

3 thoughts on “Manfaat Musik untuk Kesehatan Jiwa”

  1. whoah this blog is wonderful i really like reading your articles. Keep up the great paintings! You realize, a lot of people are hunting round for this info, you could help them greatly.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Related Post