Rumah Sakit Khusus Puri Nirmala Tips Kesehatan Makanan yang bisa mengurangi stress

Makanan yang bisa mengurangi stress


makanan pengurang stress

Makan atau ngemil terbukti salah satu cara yang ampuh untuk mengurangi stress. Apalagi ketika dilakukan bersama-sama dengan orang terdekat. Baik itu di rumah maupun di tempat nongkrong semacam kafe. Namun juga harus kita waspadai bahwa makanan yang kurang sehat justru bisa menimbulkan masalah kesehatan, yang ujung-ujungnya bisa menambah stress. Karena itu kita harus memilih makanan yang bisa mengurangi stress tetapi tidak menambah resiko kesehatan. Atau setidaknya kita perlu mengatur porsinya agar tidak berlebihan.

Berikut beberapa makanan yang bisa mengurangi stress

Es Krim

Es Krim menjadi solusi paling umum saat sedang mengalami stres. Menurut penelitian, kandungan susu dan krim yang banyak terkandung dalam Es Krim memiliki asam amino tryptophan yang mampu menenangkan otak dan memberikan efek mood bahagia pada diri seseorang.

Susu

Kandungan protein dan kalsium dalam susu bisa memberikan rasa rileks dan mengurangi stres. Kalsium dalam susu bisa menenangkan hati, menambah mood seseorang, mengurangi ketegangan otot, dan menenangkan saraf.

Cokelat

Kandungan bahan aktif dalam cokelat terbukti nyata bisa membantu menghilangkan rasa stres. Sebuah studi menunjukkan bahwa konsumsi cokelat hitam akan mengurangi pembentukan hormon stres dalam tubuh. Selain itu, cokelat juga bisa membantu menurunkan tekanan darah.

Kacang-kacangan

Campuran kacang-kacangan seperti kacang mete, kenari, pistachio, dan kacang lainnya mengandung serat, antioksidan dan asam lemak tak jenuh yang bisa menurunkan tekanan darah.

Sayuran berdaun hijau

Sayuran berdaun hijau seperti bayam atau asparagus mengandung folat yang menghasilkan dopamin, zat kimia otak yang merangsang kebahagiaan sehingga membantumu tetap tenang.

Buah Jeruk

Penelitian menunjukkan bahwa stres dapat menguras persediaan vitamin C dalam tubuh, sedangkan jeruk memiliki kandungan vitamin C yang tinggi. Itulah sebabnya orang yang memiliki kadar vitamin C tinggi tidak menunjukkan tanda stres mental dan fisik yang diharapkan saat mengalami tantangan psikologis akut. Terlebih lagi, mereka dilaporkan bisa lebih cepat bangkit kembali dari situasi stres daripada orang dengan kadar vitamin C rendah dalam darah mereka.

Buah Pisang

Pisang mengangung banyak vitamin dan kalsium, serta mengandung asam amino tryptophan, protein yang diubah menjadi serotonin di dalam tubuh untuk memberikan efek rileks, memperbaiki mood, dan memberikan rasa bahagia.

Buah Anggur

Buah anggur mengandung banyak sekali zat-flavonoid dan senyawa aktif lainnya yang bermanfaat untuk kesehatan tubuh. Zat aktif itulah yang berfungsi untuk meningkatkan atau melancarkan aliran darah dalam tubuh. Itulah kenapa buah anggur menjadi salah satu cemilan buah yang masuk dalam daftar makanan penghilang stres.

Oatmeal

Karbohidrat kompleks dari oatmeal membantu otak membuat serotonin, hormon mood baik. Serotonin tidak hanya memiliki sifat antioksidan, namun juga menciptakan rasa menenangkan yang membantu mengatasi stres.

Kurma

Makanan yang berasal dari Timur Tengah ini tidak hanya manis tapi juga memiliki banyak khasiat, salah satunya adalah meredakan stres. Mengonsumsi kurma dapat memperbaiki fungsi otak dan menurunkan jumlah hormon kortisol yang merupakan sejenis hormon penyebab stres.

Jika Anda merasa kesehatan mental sedang menurun dan tidak tahu bagaimana cara tepat untuk memperbaikinya, jangan ragu untuk menghubungi kami. Anda juga bisa menyesuikan dengan jadwal dokter anda.

RUMAH SAKIT KHUSUS PURI NIRMALA

JL. Jayaningprangan No. 13 Gunungketur, Pakualaman, Yogyakarta

Telp. (0274) 515255 dan 587400

Stay Happy, Stay Healthy.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Related Post