Rumah Sakit Khusus Puri Nirmala Tips Kesehatan Makanan yang baik dikonsumsi saat bersepeda

Makanan yang baik dikonsumsi saat bersepeda


Makanan yang baik dikonsumsi saat bersepeda

Olah raga bersepeda atau gowes, saat ini sedang sangat popular di Indoensia. Masyarakat dari berbagai kalangan dan usia banyak yang kecanduan gowes, sampai-sampai stok sepeda di toko habis, dan untuk membeli sepeda baru, kita diharuskan menunggu 1-2 bulan.

Banyak dari pesepeda yang gemar memilih rute pendek, yang bisa di tempuh dalam 1-2 jam, tetapi banyak juga yang gemar dengan rute panjang, yang waktu tempuhnya bisa lebih dari 4 jam, bahkan ada yang terbiasa berangkat pagi dan sampai rumah menjelang petang. Tentu untuk rute jarak jauh, para pesepeda harus membawa bekal yang cukup, baik itu dalam segi nutrisi, perlengkapan dan suku cadang, hingga dana darurat.

Dalam hal nutrisi, apa sajakah bekal makanan yang baik untuk dikonsumsi saat bersepeda?

Berikut diantaranya.

Kurma

Seperti diketahui, kurma memang mengandung gula sederhana, seperti fruktosa dan dektrosa. Ketika dikonsumsi, kurma langsung dapat menjadi pengganti energi yang hilang.Konsumsi 1-2 butir kurma setiap 1 jam atau ketika merasa energi terkuras.

Air Madu dan Lemon

Air madu dan lemon juga sumber energy yang sangat bagus. Minum sedikit sedikit saja, terutama ketika merasa harus dan energi terasa mau habis. Jangan sekali minum terlalu banyak karena justru bisa membuat perut terasa kurang nyaman.

Buah Pisang

Buah pisang sangat bagus untuk menambah energi, dan juga kandungan kalium di dalam pisang bisa meng-optimalkan kinerja otot dan mencegah kram. Tetap jaga porsi konsumsinya ya, terlalu banyak makan pisang juga bisa membuat kekenyangan dan membuat perut tidak nyaman.

Energy Bar

Sesuai namanya, fungsi utamanya untuk mengembalikan energi yang hilang ketika berolah raga. Konsumsi secukupnya ketika kita merasa capek. Bekal energy bar cukup banyak yang menjadikan bekal favorit karena simple dan mudah dibawa.

Air Isotonik

Kita harus menjaga agar tubuh tetap terhidrasi saat bersepeda. Air putih bagus sebagai pilihan utama, tetapi air putih kurang bisa mengembalikan energi. Ganti air putih dengan air isotonic, yang berfungsi ganda, menhidrasi badan dan juga mengembalikan energi.

Secara umum buah-buahan dan makanan serta minuman manis adalah makanan yang baik dikonsumsi saat bersepeda. Silakan bisa disesuaikan dengan kebutuhan dan kondisi kita.

Hubungi rumah sakit terdekat bila anda memerlukan bantuan medis. Atau silakan hubungi kami bila anda memerlukan bantuan. Anda juga bisa menyesuikan dengan jadwal dokter anda.

RUMAH SAKIT KHUSUS PURI NIRMALA

JL. Jayaningprangan No. 13 Gunungketur, Pakualaman, Yogyakarta

Telp. (0274) 515255 & 587400

Stay Safe, Stay Healthy.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Related Post