meningkatkan imunitas
Rumah Sakit Khusus Puri Nirmala Tips Kesehatan Cara meningkatkan imunitas tubuh di masa pandemi

Cara meningkatkan imunitas tubuh di masa pandemi

meningkatkan imunitas

meningkatkan imunitas
credit: Health Europe

Imunitas tubuh sangat penting untuk menjaga kesehatan kita, terlebih di masa pandemi seperti sekarang ini. Dengan imun tubuh yang baik kita tidak mudah sakit, termasuk bisa mengurangi resiko tertular virus covid-19. Karena itu, penting bagi kita untuk mengetahui dan berusaha meningkatkan imunitas tubuh kita.

Berikut adalah beberapa cara sederhana meningkatkan imunitas tubuh kita.

Istirahat yang cukup

Kurang tidur dapat menurunkan imunitas tubuh. Penting untuk mencukupi kebutuhan tidur sesuai dengan usia Anda. Umumnya, orang dewasa membutuhkan waktu tidur sekitar 7-8 jam, dan remaja membutuhkan waktu tidur sekitar 9-10 jam.

Banyak mengkonsumsi buah dan sayur

Untuk menjaga dan meningkatkan imunitas tubuh, Anda disarankan untuk memperbanyak konsumsi sayur dan buah. Penelitian menunjukkan, orang yang banyak mengonsumsi kedua jenis makanan tersebut, cenderung tidak mudah sakit. Hal ini karena vitamin dan mineral yang terkandung dalam sayur dan buah mampu memperkuat sistem kekebalan tubuh dalam melawan virus dan bakteri penyebab penyakit. Jenis buah yang baik untuk menjaga daya tahan tubuh adalah buah yang kaya akan vitamin dan mineral

Olah raga rutin

Disarankan untuk rutin berolahraga selama 30 menit setiap hari, untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh dalam melawan infeksi. Salah satu olahraga yang murah dan mudah untuk dilakukan adalah berjalan kaki. Tak hanya di luar rumah, olahraga atau aktivitas fisik juga bisa dilakukan di dalam rumah.

Minum vitamin atau suplemen

Selain menerapkan pola hidup sehat, sebagian orang memilih untuk mengonsumsi suplemen untuk meningkatkan imunitas tubuh. Konsumsi suplemen mungkin dapat menjadi pilihan untuk melengkapi pola makan yang kurang bernutrisi.

Hindari Stress

Stres yang tidak terkendali bisa meningkatkan produksi hormon kortisol. Dalam jangka panjang, peningkatan hormon kortisol dapat mengakibatkan penurunan fungsi kekebalan tubuh. Anda perlu mengelola stres dengan baik untuk menghindari penurunan fungsi kekebalan tubuh.

Hindari stress dengan cara melakukan hal-hal yang bisa membuat kita merasa fresh, dan banyak habiskan waktu dengan orang-orang tersayang kita.

Hindari Rokok dan Alkohol

Paparan asap rokok dan alkohol secara berlebih dapat merusak sistem kekebalan tubuh. Perokok memiliki risiko tinggi untuk mengalami infeksi paru, seperti bronkitis dan pneumonia. Sementara untuk perokok yang juga pecandu alkohol, risiko untuk terkena infeksi paru akan semakin besar.

Menerapkan pola hidup sehat merupakan langkah terbaik dalam menjaga dan meningkatkan imunitas tubuh. Dengan imunitas tubuh yang baik dan penerapan protokol kesehatan yang disiplin, kita bisa mencegah penularan covid-19.

Hubungi rumah sakit terdekat bila anda memerlukan bantuan medis. Atau silakan hubungi kami bila anda memerlukan bantuan. Anda juga bisa menyesuikan dengan jadwal dokter anda.

RUMAH SAKIT KHUSUS PURI NIRMALA

JL. Jayaningprangan No. 13 Gunungketur, Pakualaman, Yogyakarta

Telp. (0274) 515255

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Related Post