manfaat buah jambu
Rumah Sakit Khusus Puri Nirmala Tips Kesehatan Manfaat Buah Jambu Bagi Kesehatan

Manfaat Buah Jambu Bagi Kesehatan

manfaat buah jambu

Jambu biji adalah buah yang sering dijumpai di berbagai daerah di Indonesia. Buah ini banyak digemari masyarakat karena rasanya yang menyegarkan dan harganya yang terbilang murah. Tak hanya dalam kondisi matang, jambu biji bahkan kerap dikonsumsi dalam kondisi mentah atau setengah matang.

Di balik rasanya yang menyegarkan, ternyata banyak manfaat buah jambu biji bagi kesehatan tubuh kita, berikut beberapa manfaatnya :

  1. Membantu mengobati demam berdarah (DBD)

Untuk mempercepat penyembuhan, pasien demam berdarah dianjurkan untuk mengonsumsi makanan yang mengandung banyak vitamin dan mineral, salah satunya jambu biji. Manfaat jambu biji untuk pasien demam berdarah antara lain:

  • Mempercepat pembentukan trombosit baru
  • Membantu menghentikan pertumbuhan virus
  • Sumber kalsium dan mineral
  1. Mengatasi diare

Selain buahnya yang kaya manfaat, daun jambu biji pun juga dapat dikonsumsi. Sebagai contoh, di beberapa belahan dunia, daun jambu biji dapat direbus untuk membuat teh. Hal ini karena daun jambu biji kaya akan kandungan vitamin C dan berbagai jenis antioksidan lainnya.

Meminum teh daun jambu biji atau mengonsumsi kapsul yang memiliki ekstrak daun jambu biji diketahui dapat membantu saluran cerna dalam mengatasi diare. didapatkan temuan bahwa ekstrak daun jambu biji dapat membantu mengatasi diare melalui beberapa cara, yakni menunda awal mula timbul gejala diare, mengurangi frekuensi buang air besar, serta menurunkan derajat keparahan penyakit diare yang dialami.

Efektif atau tidaknya penggunaan daun jambu biji untuk mengatasi diare bisa dipengaruhi oleh tingkat keparahan diare. Jika ditemukan adanya diare berdarah pada orang dewasa, atau diare yang menyebabkan anak berisiko mengalami dehidrasi, segera periksa ke dokter untuk mendapatkan penanganan dan pengobatan yang tepat.

  1. Membantu penurunan berat badan

Jambu biji mengandung protein dan serat berkualitas bagus. Protein dan serat membutuhkan waktu yang lama untuk dicerna, sehingga membuat Anda kenyang lebih lama. Kandungan serat yang tinggi juga membantu mengatur metabolism Anda.

Jambu biji, terlebih yang belum matang mengandung gula yang lebih sedikit dibandingkan dengan buah lainnya. Selain itu juga mengandung kalori yang rendah, 100 gram jambu biji memberi sekitar 52 kalori dan sedikit lemak.

  1. Berpotensi mengobati kanker

Manfaat jambu biji merah ini ditemukan pada bagian daunnya yang dapat mencegah dan bahkan menghentikan pertumbuhan sel kanker pada penderita kanker usus besar.

Dalam jambu biji juga ditemukan likopen, yakni zat karotenoid (pigmen penting dalam tanaman) yang memiliki aktivitas antioksidan untuk melawan kanker. Jambu biji yang banyak mengandung likopen terutama jambu biji yang memiliki daging merah.

  1. Meningkatkan sistem imun tubuh

Vitamin C merupakan salah satu nutrisi penting yang dibutuhkan tubuh agar tetap sehat dan fit. Namun, tubuh tidak dapat memproduksi maupun menyimpan vitamin ini. Oleh karena itu, Anda disarankan untuk memenuhi asupan vitamin C setiap harinya.

Hal ini dapat Anda lakukan dengan mengonsumsi sayur dan buah sumber vitamin C, dan salah satunya adalah guava. Kandungan vitamin C dalam guava bahkan lebih banyak daripada kandungannya di dalam buah jeruk.

Dalam satu buah guava, terkandung setidaknya 250–300 miligram vitamin C, sedangkan satu buah jeruk hanya mengandung sekitar 50 miligram vitamin C.

Meski vitamin C baik untuk kesehatan, Anda sebaiknya tidak mengonsumsinya secara berlebihan. Terlalu banyak mengonsumsi vitamin C dapat menimbulkan efek samping, seperti sakit kepala, gangguan pencernaan, kram perut, hingga risiko terbentuknya batu ginjal, apalagi bila tidak diiringi dengan minum air putih yang cukup.

Rekomendasi asupan vitamin C bagi anak-anak dan remaja adalah 50–75 mg per hari. Sementara itu, orang dewasa perlu mencukupi kebutuhan vitamin C sebanyak 75–90 miligram per harinya.

  1. Menjaga kesehatan kulit

Jambu biji yang kaya akan kandungan nutrisi dapat membantu mencerahkan kulit. Berikut adalah manfaat jambu biji untuk kecantikan :

  • Meningkatkan kecerahan kulit, dengan cara menggunakan daging jambu biji yang ditumbuk dan dicampurkan dengan kuning telur, kemudian oleskan pada wajah. Setelah 20 menit bilas dengan air hangat. Lakukan secara teratur sekali atau dua kali dalam seminggu.
  • Perlindungan dari sinar UV
  • Menunda proses penuaan
  • Toner kulit alami
  • Pengobatan bitnik jerawat
  1. Menurunkan kadar gula darah

Makanan berserat sangat penting dikonsumsi penderita diabetes karena dapat menurunkan kadar gula darah. Beberapa buah diyakini bagus untuk menjaga kadar gula darah dalam tubuh, salah satunya jambu biji yang terbukti efektif mencegah peningkatan gula darah secara tiba-tiba. Selain buahnya, daun buah jambu biji juga dapat membantu menurunkan gula darah.

  1. Melancarkan sistem pencernaan

Kandungan serat alami pada jambu biji dapat melancarkan pencernaan dan juga menyehatkan pencernaan. Serat berguna untuk menghaluskan pergerakan usus dan mempermudah buang air besar serta mengeluarkan racun dalam tubuh.

Hubungi rumah sakit terdekat bila anda memerlukan bantuan medis. Atau silakan hubungi kami bila anda memerlukan bantuan. Anda juga bisa menyesuikan dengan jadwal dokter anda.

RUMAH SAKIT KHUSUS PURI NIRMALA

JL. Jayaningprangan No. 13 Gunungketur, Pakualaman, Yogyakarta

Telp. (0274) 515255

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Related Post