Rumah Sakit Khusus Puri Nirmala Tips Kesehatan Toxic Positivity? Apa itu?

Toxic Positivity? Apa itu?


Toxic Positivity

Ada kalanya kata-kata penyemangat dari kenalan justru terasa menyengat bagi orang-orang yang tengah bermasalah. Bagi sebagian orang, ujaran “jangan menyerah”, “kamu masih lebih beruntung dari yang lainnya”, atau “be positive” cukup ampuh mematahkan pikiran dan perasaan buruk mereka. Namun, bagi sebagian lainnya, hal tersebut justru membuat mereka makin merasa kecil diri, bahkan bisa menjadi pemicu gangguan psikis.

Hal inilah yang dikenal dengan istilah toxic positivity.

Dalam penjelasan mengenai toxic positivityUrban Dictionary menyebut bahwa kalimat seperti “Kalau kamu tetap positif, kamu akan mengatasi segala kesulitan yang ada” mengabaikan perasaan sesungguhnya dari orang yang sedang bermasalah, seolah-olah perasaan negatif yang dialami dan ingin diungkapkan orang tersebut tidak penting bagi lawan bicaranya.

Dari pada menggunakan kata-kata diatas, sebaiknya gunakan ucapan-ucapan yang lebih menunjukkan empati untuk diucapkan kepada orang-orang yang dirundung musibah.

“Dalam keadaan ini, sepertinya sulit ya melihat hal-hal yang baik. Saya mencoba memahami”, “Wajar jika kita merasa kecewa dalam keadaan ini”, “Aku pikir kamu pasti merasa berat saat ini, ya…” adalah beberapa contoh ujaran yang bisa lebih dulu diungkapkan saat melihat kenalan diliputi perasaan negatif alih-alih mencekokinya langsung dengan dorongan berpikir atau bersikap positif.

Mengapa dorongan “be positive” bisa berdampak negatif?

Hal ini karena tidak semua orang butuh disemangati saat mereka bercerita soal perasaan negatif atau pengalaman buruknya. Sering kali, yang di sekeliling mereka mengatakan hal-hal yang seakan-akan positif, padahal bukan itu yang sedang dibutuhkan orang yang bermasalah.

Setiap emosi itu punya pesan, baik itu marah, rasa jijik, sedih, bahagia, atau takut. Kalau emosi-emosi itu disangkal atau dipendam demi terus terlihat positif atau bahagia di depan orang-orang, yang ada emosi negatifnya menumpuk, kemudian bisa memicu stres dan sakit psikis serta fisik alias psikosomatis.

Hubungi rumah sakit terdekat bila anda memerlukan bantuan medis. Atau silakan hubungi kami bila anda memerlukan bantuan. Anda juga bisa menyesuikan dengan jadwal dokter anda.

RUMAH SAKIT KHUSUS PURI NIRMALA

JL. Jayaningprangan No. 13 Gunungketur, Pakualaman, Yogyakarta

Telp. (0274) 515255 & 587400

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Related Post