tips mengatasi stress

Tips Mengatasi Stress

tips mengatasi stress

tips mengatasi stress

Stres merupakan hal normal yang pernah dirasakan oleh setiap orang dengan segala usia, mulai dari anak-anak, remaja, dewasa, hingga orang tua. Stres yang normal bisa memberikan dampak positif, diantaranya membantu Anda bekerja lebih cepat ketika sedang mengejar Deadline. Tetapi, kondisi stres bisa berdampak negatif jika sering terjadi dan berkepanjangan.

Stres yang berkepanjangan bisa memicu Anda terkena penyakit. Stres berlebihan tidak hanya berdampak pada kesehatan mental, namun juga kesehatan secara umum. Stres bukan hanya sekadar perasaan. Kondisi stres akan memicu beberapa reaksi, seperti tekanan darah meningkat, pembuluh darah menyempit, dan Anda pun akan bernapas lebih cepat. Hal ini disebabkan tubuh melepas hormon kortisol dan adrenalin yang membuat kerja jantung menjadi lebih cepat. Hormon tersebut juga mampu meluapkan energi secara percuma sehingga Anda merasa mudah lelah.

Sistem kekebalan seseorang yang sedang stres juga akan menurun, sehingga menjadikan tubuh sulit melawan penyakit. Hasilnya, Anda akan lebih mudah terkena penyakit. Saat Anda sedang menderita penyakit, stres mungkin bisa memperparah kondisi Anda

Berikut adalah beberapa tips untuk mengatasi stress yang dirangkum dari berbagai sumber:

Meminta bantuan

Kita tidak harus menghadapi segala sesuatu sendirian. Carilah teman yang bisa dipercaya dan mampu mendengarkan dengan baik. Bila perlu, diskusikan dengan teman anda tersebut, apa masalah yang membuat stress dan mencari solusinya.

Bernapas dengan pelan dan panjang

Menarik napas dalam-dalam terbukti dapat menurunkan tingkat kecemasan kita. Ketika kita merasa beban terasa berat, tariklah napas dalam-dalam, lakukan beberapa kali.

Makan makanan sehat dan menu seimbang

Tubuh membutuhkan gizi yang baik dalam mengatasi berbagai stress. Pilihlah makanan yang baik dan sehat dan gizi yang seimbang.

Tidur cukup

Beristirahat dengan baik dapat membuat tubuh kembali segar dan pikiran kembali membaik. Jaga jam tidur anda, tidurlah dengan cukup dan jadwal yang teratur.

Luangkan waktu untuk bersantai dan beristirahat dalam melakukan pekerjaan

Sesekali lakukanlah hal yang bisa membuat kita enjoy, seperti jalan-jalan, meditasi, mendengakan musik, menontonfilm dan lain-lain, agar pikiran kita rileks, sebelum kembali melanjutkan pekerjaan / kegiatan rutin kita.

Olah raga secara teratur

Lakukanlah olah raga ringan minimal 15 menit sehari. Ini berperah dalam menghasilkan endorfirn yang membuat kita lebih rileks. Selain itu olah raga juga menyehatkan badan yang akan membuat kita bisa lebih senang.

Jangan menunda tugas

Sebaiknya tugas dari sekolah ataupun pekerjaan dikerjakan secara teratur dan jangan ditunda-tunda, supaya tidak menumpuk. Karena ketika tugas menumpuk kita menjadi lebih mudah stress.

Kenali kemampuan diri

Pahami batasan dalam diri kita dalam melakukan pekerjaan, ataupun kerjaan tambahan. Jangan memaksakan diri yang justru akan membuat kita bisa stress.

Kurangi rasa khawatir

Cobalah untuk tidak khawatir akan hal-hal yant tidak bisa dikendalikan, seeerti pendapat orang lain, atau hal yang tidak mungkin terjadi. Ada pepatah yang mengatakan “Kalau suatu hal tidak ada solusinya, kenapa harus dipusingkan? Dan kalau ada solusinya, kenapa juga harus pusing?”.

Maafkan diri sendiri dan orang lain

Rasa bersalah, penyesalan, ataupun rasa dendam yang berlebhhan dapat meningkatkan sress. Maafkanlah diri sendiri atas kesalahan yang telah kita buat. Dan juga maafkan orang lain atas kesalahan yang mungkin telah mereka lakukan. Dengan demikian kita akan merasa lebih lega, dan terhidar dari stress.

Artikel diatas juga telah tayang di instagram RSK Puri Nirmala

Hubungi rumah sakit terdekat bila anda memerlukan bantuan medis. Atau silakan hubungi kami bila anda memerlukan bantuan. Anda juga bisa menyesuikan dengan jadwal dokter anda.

RUMAH SAKIT KHUSUS PURI NIRMALA

JL. Jayaningprangan No. 13 Gunungketur, Pakualaman, Yogyakarta

Telp. (0274) 515255 & 587400

Stay Safe, Stay Healthy, Stay Happy.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Related Post