apa itu kecanduan

Apa itu Kecanduan / Adiksi?

apa itu kecanduan / adiksi

Salam Jiwa Nirmala.

Kalian pernah gak sih suka untuk melakukan aktivitas tertentu hingga kalian merasa tidak tenang jika tidak melakukan itu pada satu hari? Contohnya, kalian tidak tenang jika belum berolahraga, atau kalau tidak gosip, rasanya kurang aja gitu. Nah, bisa jadi kalian mengalami gejala adiksi / kecanduan.

Apa itu Kecanduan?

Menurut American Society of Addiction Medicine, kecanduan atau yang dikenal dengan sebutan adiksi adalah sebuah gangguan yang bersifat kronis pada sistem di otak yang berpengaruh pada penghargaan (reward), motivasi, dan memori. Adiksi ini memiliki ciri-ciri seperti ketidakmampuan untuk menjauhkan diri dari aktivitas atau media tertentu, dan juga gangguan kendali perilaku serta keinginan untuk melakukan aktivitas atau media tertentu.

Biasanya orang yang mengalami gejala adiksi (kecanduan) terhadap obat-obatan atau aktivitas yang kurang baik tersebut memiliki sifat selalu mengonsumsi zat atau melakukan aktivitas tersebut meskipun orang tersebut sudah mengetahui akibat buruk dari penggunaannya.

Penyebab Kecanduan

Hingga saat ini masih belum ditemukan mekanisme yang jelas tentang kenapa seseorang bisa mengalami kecanduan. Namun, salah satu struktur yang memiliki keterkaitan erat dengan kejadian tersebut adalah sistem reward yang ada di otak kita.

Seperti yang kita ketahui, otak yang sehat sendiri selalu memberikan sebuah reward atau hadiah jika kita mendapatkan sebuah kepuasan dari aktivitas tertentu, seperti misalnya saat berolahraga, saat makan, atau saat berkumpul dengan orang tercinta. Hal tersebut nantinya dapat membuat otak mengaktifkan sistem khusus di otak kita yang membuat kita merasa senang, sehingga ingin melakukan kembali. Begitu juga sebaliknya, jika berada dalam bahaya, otak tersebut akan beri alarm untuk keluar dari kondisi bahaya tersebut.

Selain itu, dalam kondisi tertentu yang membuat kegalauan, misalnya saat kita bingung apakah membeli es krim sebelum makan malam atau membeli sesuatu yang belum dapat dicapai dengan kondisi dompet kita, ada sebuah daerah di otak bernama korteks prefrontal yang berfungsi untuk membantu memutuskan hal tersebut, berdasarkan manfaat dan mudarat yang ditimbulkan dari tindakan tersebut.

Masalahnya adalah ketika kita mengalami kecanduan tersebut, baik itu perilaku ataupun zat-zat terlarang, sistem reward di otak tersebut mengalami gangguan. Contohnya, ketika kita mengkonsumsi minuman keras, itu akan mengacaukan sistem kerja otak yang membuat kita menginginkan minuman tersebut lagi dan lagi. Selain itu, kecanduan juga dapat membuat kita mengirimkan sinyal tertentu yang membuat kita merasa stres dan cemas jika kita tidak mengkonsumsi alkohol, obat, atau melakukan kegiatan tertentu.

Selain itu, studi ilmiah juga menunjukkan adanya penurunan aktivitas pada korteks prefrontal yang berakibat susah dalam mengambil keputusan ataupun termotivasi untuk berhenti konsumsi obat-obatan, alkohol, atau aktivitas tertentu (judi, gaming, dan lainnya). Meskipun, sudah diketahui akibat buruknya

Efek Samping dari Kecanduan

Kecanduan hal yang positif dapat menimbulkan efek yang positif, seperti rajin berolahraga dapat membuat badan jadi lebih sehat atau rajin baca buku dapat meningkatkan pengetahuan atau keterampilan tertentu. Begitu juga dengan hal yang negatif. Kecanduan hal seperti minuman keras, obat terlarang, atau aktivitas yang kurang baik dapat memberikan efek negatif baik itu fisik ataupun mental.

Untuk ketergantungan obat-obatan terlarang atau alkohol sendiri, efek yang muncul dapat berupa fisik dan juga mental (psikologis), tergantung dari jenis zat yang dikonsumsi. Beberapa efek fisik yang ditimbulkan seperti:

  • Kondisi jantung seperti denyut jantung tidak normal, serangan jantung, hingga infeksi pada pembuluh darah akibat jarum suntik.
  • Nyeri perut dan muntah yang berakibat pada penurunan berat badan
  • Risiko gagal hati (liver) meningkat
  • Risiko stroke hingga kerusakan pada otak
  • Penyakit pada paru-paru
  • Masalah pada memori, atensi, dan pengambilan keputusan.

Sedangkan untuk adiksi perilaku sendiri, seperti judi, gaming, internet dan lainnya memang tidak menimbulkan efek signifikan dari segi fisik, namun kebanyakan mengalami masalah lainnya baik dari segi mental, ataupun dari segi finansial terutama pada hobi yang banyak menghabiskan uang. Selain itu, adiksi perilaku pun juga dapat menimbulkan efek psikologis seperti meningkatnya rasa depresi atau cemas.

Penanganan Kecanduan

Kabar baiknya adalah meskipun kecanduan tergolong sebagai penyakit kronis, kondisi tersebut dapat disembuhkan sehingga nantinya tidak mengalami kecanduan tersebut. Tetapi, tetaplah ingat bahwa untuk bisa sembuh total ini pun perlu melewati beberapa jalan yang panjang. Namun, ada beberapa cara yang bisa dilakukan seperti menyadari bahwa kecanduan ini adalah masalah yang besar dan membuat jurnal khusus terkait kecanduan tersebut, seperti dengan menanyakan hal-hal berikut.

  1. Kenapa kecanduan yang aku alami ini berbahaya dan apa aja sih efek negatifnya?
  2. Dalam kondisi apa, godaan untuk kembali mengkonsumsi obat-obatan, minuman beralkohol, atau aktivitas terlarang (judi, internet, gaming)
  3. Apa efek positif yang dialami jika nantinya sudah dinyatakan keluar dari kecanduan?
  4. Kapan aku mulai dan dengan cara apa harus aku mulai?

Dalam menjalani proses penyembuhan dari kecanduan ini sendiri, sangat disarankan untuk tidak berjuang sendirian. Bisa minta konsultasi atau berbagi dengan keluarga atau teman dekat. Dan, tentu saja, sangat disarankan untuk minta pertolongan kepada profesional kesehatan mental, baik itu dokter umum, psikolog, ataupun psikiater.

Pertolongan mereka pun sangat diperlukan dikarenakan dalam kondisi kecanduan tertentu, seperti kecanduan obat terlarang, minuman beralkohol, atau lainnya, diperlukan tatalaksana tertentu, baik itu dengan menggunakan obat-obatan atau juga dengan psikoterapi.

Rumah Sakit Khusus Puri Nirmala adalah Rumah Sakit yang bergerak khusus dalam melayani kesehatan jiwa. Terletak di pusat kota Yogyakarta, Rumah Sakit ini sangat gampang dijangkau, sehingga untuk memperoleh pelayanan tersebut, sangatlah mudah. Dilengkapi dengan psikiater dan psikolog yang kompeten, kami siap membantu kalian yang memiliki masalah terkait adiksi.

Untuk mengetahui jadwal atau bertanya-tanya, silahkan klik pada link berikut ini.
Linktree RSK Puri Nirmala

Sumber artikel:

  1. https://newsinhealth.nih.gov/2015/10/biology-addiction
  2. https://www.verywellmind.com/how-can-i-quit-my-addiction-22390
  3. https://www.gatewayfoundation.org/faqs/effects-of-drug-abuse/

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *